Selasa, 08 Mei 2012

Yuk, Terjun Bebas Dalam Usaha Bisnis Go Online!

Kemarin kan aku udah sok-sok galau ala Jupe + Syahrini yang gimana gitu dan sudah pula ngumumin Mereka Yang Beruntung di Kuis Sederhana: nah, sekarang saatnya aku sok-sok ngimpi dengan mengetik sesuatu bertema usaha bisnis. Ini semua efek dari suatu malam minggu dimana aku ikut acara talkshow di wakuncar wakulnet yang bertema “Saatnya Fokus di Onlien Shop”. Ada 3 Pembicara, Siapa saja? lihat saja pada gambar! Ketiganya menyampaikan materi masing-masing, namun disini aku cuma mau ngetik yang simple-simple aja, biar mecing ama judul blog ini “Ketak-Ketik Ide Sederhana”. Apapun materinya, kalo udah masuk ke ranah blog Ketak-Ketik Ide Sederhana wajib dikemas secara sederhana.
Pada intimnya untuk memulai usaha bisnis online seperti jualan online, membuka toko online, dan sejenisnya itu semua tidaklah susah. Langkah-langkah sederhananya adalah:
  1. Tentukan Produk! Mau Jual apa? jual apa saja boleh asal tidak jual diri atau jual sesuatu yang ilegal, boleh jual tas, jual baju, jual makanan, jual barang kerajinan, produk lain yang sekiranya bisa anda jual.
  2. Bikin Website! Apa harus website? gak harus sih, tapi biar kelihatan serius gitu loh. Media untuk jualan online itu gak hanya website, bisa pakai blog gratisan, facebook atau twitter, tapi ya gitu deh biar lebih terlihat profesional ya bikin websitenya lah dan jangan lupa bikin semenarik mungkin serta yang user friendly.
  3. Promosi! bisnis apapun kalo pengen laku ya sudah semestinya nyadar bahwa promosi itu penting.
Udah tiga saja, namanya juga langkah sederhana, kalo kebanyakan langkah nanti jatuhnya jadi rumit dan terlanjur enggan melangkah karena udah kenyang kebanyakan baca draft langkah-langkahnya.
Dan kemudian, hal sederhana lainnya yang patut diperhatikan adalah “yang namanya bisnis online itu kan kemungkinan bisa diakses dari mana saja, so kemungkinan ordernya bisa dari mana saja pula jadi harus selayaknya mempersiapkan kurirnya mau pakai apa dan rancangan biaya ongkirnya”. Pokoknya kasih service atau pelayanan yang semaksimal mungkin.
Apakah usaha bisnis online seperti online shop itu menjanjikan dalam hal pendapatan? Ini bukan masalah janji, ini masalah pemanfaatan peluang karena di era galau, alay ataupun lebay seperti saat ini kenyataanya makin banyak orang yang kenal dunia online terlebih facebook ma twitter tuh benar-benar bejibun usernya. Tak jarang kini banyak usaha bisnis yang awalnya offline tapi beranjak untuk go online, seperti contohnya Cokelat Roso, toko oleh-oleh coklat dengan citarasa khas kota Jogja, yang ternyata tempatnya cuma diselatan Pakualaman, enggak begitu jauh dari kos-ku. Aku sering lewat situ, tapi aku gak ngeh kalo itu tempat jualan coklat, dan gak baca tulisan didepannya, cuma sekilas bangunannya itu bernuansa warna coklat dan aku mikirnya itu kafe.
Cokelat Roso itu awalnya memang gak go online tapi agaknya kini mulai bikin web, twitteran dan sekitarnya. Cokelat Roso ini ceritanya menjual cokelat dengan aneka roso-roso, yang dimaksud roso-roso disini bukan roso-rosonya kukunya siapa itu ya, yang dimaksud adalah ada rasa jamu (kuyit, beras kencur, gula asam), rasa cabe, rasa buah (stoberry, durian kopi, pisang, dll), rasa kacang-kacangan (mete, almont, hazelnot), dan ada yang dark, milk, white. Dalam rangka go online-nya itu ketika presentasi mbak Meika Hazim-nya itu cuma menyinggung-nyinggung facebook ma twitter, tidak menyentuh sama sekali dunia blogger, padahal misal untuk segi promosi kaum blogger itu bagus juga loh.
Ah udah-ah, nanti dikira aku promosiin Cokelat Roso padahal itu cuma contoh aja, lagian aku gak dibayar kok, terus lagi mbak Meika-nya belum tentu lihat postingan ini. Kalo pun lihat ya mudah-mudahan langsung dikirimi coklat 1 truck. (btw Meika itu kayak merek tas yang dijual di ethikshop? bukan! kalo tas di www.etnikshop.net itu maika pakek a bukan e). Kok yang dipakek contoh Cokelat Rosonya? ya karena kalo yang store atau kotaJogja itu kan emang basiknya udah online, dan yang menuju go online kan Cokelat Roso. Dan soal materi yang aku ketik diatas, entah sesuai yang dibahas kemarin atau enggak yang jelas aku cuma ngarang aja!

Sumber dari: http://widhawati.blogdetik.com/2012/05/08/yuk-terjun-bebas-dalam-usaha-bisnis-go-online/#ixzz1uLpRpkpv
Cantumkan Sumber jika anda ingin melakukan COPY PASTE...!!!
Under Creative Commons License: Attribution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar